TIPS UPDATE ANTI VIRUS AVG

Jumat, 04 Desember 2009

Beberapa teman yang menggunakan AVG Anti Virus, mungkin mengalami kesulitan ketika mau update AVG. Atau sudah download update, tetapi ketika di klik update, muncul pesan bahwa tidak ditemukan update-nya, sehingga Internal Virus Database Out of date. Berikut penjelasan untuk update AVG AntiVirus.

Bagi Pengguna Online

Jika pengguna online, maka proses update sangat mudah. Seperti sebagian besar anti virus, AVG akan mengupdate sendiri. Defaultnya, AVG akan mengupdate setiap hari, mulai jam 08.00 sampai jam 09.59. Akan dicek apakah ada update terbaru. Jika ada maka file update akan didownload secara otomatis. kKrena proses update setiap hari, maka prosesnya akan sangat cepat, biasanya hanya beberapa KB saja dan memerlukan waktu yang singkat, kadang kurang dari 1 menit. Untuk merubah atau mengatur setting update otomatis ini, caranya :

1. Buka AVG, pilih komponen Scheduler

2. Klik Tombol Scheduled Task

3. dan Pilih Update plain in Basic Mode, dan Klik Edit Schedule

4. Disana bisa diatur mengenai update otomatis ini.

Bagi Pengguna Offline (manual Update)

Jika tidak terhubung internet, maka sebelumnya kita perlu download file update yang disediakan. Bisa download dari alamat http://free.grisoft.com/doc/update/us/frt/0 di bagian Priority updates. Disana disediakan beberapa update yang bisa kita pilih. Tampilannya seperti berikut : yang perlu diperhatikan adalah keterangan mengenai minimal versi database yang diperlukan. Misalnya dari contoh diatas piliha kedua, file update AVI: 269.13.18, maka minimal versinya 269.0.0 ( min. AVI: 269.0.0 ). Untuk mengetahui versi AVG yang ada di komputer, buka AVG dan lihat bagian Taskbar. Misalnya dikomputer saya seperti berikut :

Maka Versi databasenya adalah 269.13.16 sehingga jika saya ingin update, bisa memilih download AVI: 269.13.18 ( min. AVI: 269.13.0 ) yang ukurannya hanya 57.7 KB. Jika kita rutin mengupdate, maka download file juga akan lebih kecil. Jika AVG sudah lama tidak diupdate, maka download saja file paling atas Windows: 7.5.446, tetapi ukurannya relatif cukup besar (sekitar 6.2 MB), atau memilih pilihan yang kedua dengan ukuran file 435.6 KB. Setelah kita download, maka kita bisa mengupdate secara manual. Dengan langkah sebagai berikut:

  1. . Buka AVG, pilih Komponen Anti-Virus
  2. Klik Tombol Update, kemudian dari window yang muncul, klik tombol folder. dan cari dimana lokasi file yang telah kita download tadi. Maka akan muncul pesan bahwa Update baru telah ditemukan, dan muncul konfirmasi apakah akan diupdate, maka pilih Yes.
  3. . Maka proses update akan berlangsung, tunggu sampai selesai

Jika ketika diklik tombol Update, AVG langsung update Internet, tidak ditampilkan pilihan apakah kita akan update langsung melalui Internet atau folder, maka bisa settingnya perlu diubah. Caranya pilih Komponen Update Manager ( di tampilan utama AVG ) dan klik tombol Properties. Hilangkan check di opsi Do not ask for the update source, kemudian klik Apply. Dan ulangi proses update.

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Marquee_do kawan

TERIMAKASIH ANDA TELAH MEMBACA DAN BERKUNJUNG KE BLOG INI

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP